Posted on 07 Juli 2015 » Category : Kabar Konstituen » Hit: 625
Dana Desa Bisa Munculkan Masalah Besar

Dana Desa Bisa Munculkan Masalah BesarSERANG - Anggota Komisi XI DPR Zulkieflimansyah menyatakan, dana desa dari APBN bisa munculkan masalah besar.
"Dana desa nilainya sangat besar dapat menghadirkan masalah besar, jika tidak dikelola dengan baik sesuai fungsinya," ujar politisi PKS ini saat ditemui di sela-sela sosialisasi kebijakan dana desa di Aula Tb. Suwandi Setda Kabupaten Serang, Senin (1/6/2015).

Menurutnya, pembekalan pengetahuan penggunaan dana desa sangat diperlukan. "Mengingat risiko yang diterima sangat besar maka kepala desa harus memahami penggunaannya, jangan sampai gara-gara dana desa, banyak Kepala Desa yang dipanggil komisi pemberantasan korupsi (KPK)," ujarnya

Ia meminta, jika ada permasalahan dana desa yang menyangkut hukum agar segera melaporkan ke pihaknya. "Kami meminta jika ada permasalahan terkait dana desa yang berdampak pada hukum, agar segera melaporkan ke komisi XI yang menangani pelaporan. Jangan sampai udah dipanggil KPK baru ngasih tahu," jelasnya.

Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasana mengatakan, pihaknya sangat menunggu sosialisasi terkait kebijakan penggunaan dana desa tersebut. "Kami sangat menunggu kegiatan ini agar kemudian ketika dananya cair, semua kepala desa sudah siap menggunakannya," jelas Wabup.

Dana desa di Kabupaten Serang mencapai Rp223,31 miliar yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD), dana perimbangan dan dana desa yang bersumber dari APBN. "Kalau dirata-ratakan, per desa mendapatkan Rp685 juta," imbuhnya.

Sumber : radarbanten.com 01 Jun 2015