Posted on 10 November 2014 » Category : Wawancara » Hit: 815
Rektor UTS Bangga atas Prestasi Dunia Mahasiswanya di AS


Mahasiswa UTS (Universitas Teknologi Sumbawa) telah berhasil meraih beberapa penghargaan dalam kompetisi IGEM (International Genetically Engineered Machine) – Kompetisi biologi sintetik yang digelar di Boston, Amerika pekanlalu. Delapan mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut meraih tiga penghargaaan: Bronze medal (medaliperunggu) atas keberhasilannya melakukan pengembangan project Econey yakni merekayasa gen bakteri E.coli menjadi alat sensor yang mendeteksi kandungan glukosa (gula) dalam Madu Sumbawa, Best Policy and Practices Shout Out  (terbaik dalam kebijakan dan aplikasi), dan IGEM Chairman’s award (penghargaan tertinggi dari Presiden IGEM Randy Rettberg). Kompetisi ini diikuti oleh 250 tim dari 31 negara di dunia. 

Dr. H. Zulkieflimansyah SE M.Sc yang juga rektor UTS menyatakan kebanggaannya terhadap keberhasilan mahasiswa-mahasiswanya. “Walaupun sarana dan fasilitas terbatas, kami bisa ikut berkompetisi di tingkat dunia di dunia bioteknologi yang relative baru dan maju. Tentunya apa yang diraih mahasiswa UTS di MIT adalah kebanggaan bagi universitas dan bagi dunia penelitian di tanah air”.

Dia juga bersyukur atas pembuktian mahasiswa walaupun sempat diragukan. “Berani punya mimpi besar dan ada kemauan insya Allah pasti ada jalan, meski ada orang yang meragukan bahwa kita serius bisa menerbangkan elang-elang muda Sumbawa untuk menggenggam dunia ini, raihan prestasi di Amerika itu menjadi langkah awal dan bukti nyata”. 
Selain itu, dia berkomentar bahwa ini menjadi membuka mata pemerintah terhadap pengelolaan potensi melalui sumber daya manusia di bagian Timur Indonesia.“Memajukan pendidikan teknologi di Indonesia Timur adalah solusi utama agar Indonesia Timur bisa mengejar ketinggalannya dan mampu mengelola sendiri sumber daya alam yang melimpah”.

Prestasi ini diharapkannya agar dapat menjadi pembangun semangat baru bagi mahasiswa lain untuk bisa mengikuti jejak mereka. Ia juga berharap kehadiran mereka akan membuka jalan, jaringan dan informasi agar mahasiswa lain dapat meraih pencapaian-pencapaian lainnya. 

Diolah dari berbagai Sumber (Antaranews, Gatra News, Samawarea)