Posted on 21 Mei 2013 » Category : Political Update » Hit: 1565
Chatib Basri jadi Menteri Keuangan?

Kencang beredar kabar bahwa Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu bakal memimpin Kementrian Keuangan.

Jakarta - Teka-teki pengganti Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan mulai terjawab. Chatib Basri, yang sekarang memimpin Badan Koordinasi Penanaman Modal, disebut-sebut sebagai kandidat kuat Menteri Keuangan yang baru.

Chatib, yang kemarin bertemu sekitar 10 menit dengan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, tidak mau berkomentar dengan rumor ini. "Kalau soal Menteri Keuangan, saya enggak mau jawab dulu," kata Chatib seusai pertemuan.

Sebelumnya, Hatta Rajasa, yang sekarang merangkap sebagai pelaksana tugas Menteri Keuangan, memberi petunjuk bahwa calon Menteri Keuangan berasal dari kabinet dan profesional, bukan anggota partai politik. "Tunggu saja besok," katanya."Kalau Presiden belum menyebutkan, saya belum akan menyebutkan."

Hatta hanya menguraikan sejumlah kriteria orang yang bakal menjadi menteri. "Harus punya integritas dan kapabilitas. Artinya, dia mengerti dunia yang digeluti. Mengerti soal pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan Kementrian Keuangan," katanya.

Selain itu, Menteri Keuangan harus memahami seputar investasi. "Keuangan itu kan juga terkait dengan insentif fiskal, yang terkait dengan investasi. Jadi Menteri keuangan pun harus mampu membangun iklim investasi yang baik." tutur Hatta.

Ketika disebut nama Chatib, Hatta tidak mengelak. "Kalau ada posisi di kabinet yang ditinggalkan, ya berarti Chatib Basri, dong. Tapi lihat besok sajalah." ujarnya.

Menurut Sri Adiningsih, ekonom Universitas Gadjah Mada, Chatib merupakan figur yang tepat sebagai Menteri Keuangan."Pak Chatib punya kemampuan untuk itu. Background-nya mendukung" katanya.

Chatib, ujar Adiningsih, bukan orang asing di Kementerian Keuangan. Pada masa kepemimpinan Sri Mulyani, Chatib adalah salah satu Staf Khusus Menteri Keuangan.

Karena itu, Adiningsih menilai Chatib akan cepat beradaptasi dengan tugas barunya."Lagi pula sudah ada tim yang kuat di Kementerian Keuangan, pasti akan membantu. Sudah ada dua Wakil Menteri Keuangan juga,"ujarnya.

Eric Alexander Sugandi, ekonom Standard Chartered Bank, mengatakan Chatib memiliki kemampuan menduduki posisi Menteri Keuangan."Pak Chatib itu dosen ekonomi makro saya. Jadi, kalau soal pengetahuan makro, Pak Chatib lebih dari cukup." katanya.

Selain itu, ujar eric, Chatib memiliki pengalaman di birokrasi sebagai Staf Ahli Khusus Menteri Keuangan dan Kepala BKPM. "Jadi sepertinya penunjukan Pak Chatib akan direspons positif oleh market."ujarnya.

Zulkieflimansyah, Wakil Ketua Komisi XI DPR, menilai Chatib merupakan orang yang tepat untuk mengisi pos Menteri Keuangan."Presiden perlu mendapat apresiasi karena berani menempatkan orang muda di posisi yang sangat penting."tuturnya.

Menurut Zulkieflimansyah, Chatib tidak akan mengalami masalah ketika berinteraksi dengan DPR. "Dulu Pak Chatib aktivis mahasiswa, sehingga kerja politik sudah menjadi hal yang biasa. Sebagai Kepala BKPM, Pak Chatib juga sudah sering berinteraksi dengan Komisi VI DPR. Dia tidak buta politik." ujarnya.

Sementara itu, untuk menggantikan Chatib di BKPM, Zulkieflimansyah menyebutkan beberapa nama yang bisa menjadi pertimbangan. Kepala BKPM, katanya, harus pintar berpromosi, bukan ahli di bidang akuntansi.

"Banyak orang muda yang bisa diberi kesempatan. Contohnya Patrick Waluyo (CEO North Star Pacific), Sandiaga Uno (CEO Saratoga Investama Sedaya), Rahmat Gobel (Presiden Direktur Global Internasional), atau Karen Agustiawan (Direktur Utama Pertamina)." kata Zulkieflimansyah.

Sumber : harian.detik.com, Selasa, 14 Mei 2013