Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc atau akrab disapa Bang Zul, lahir di Sumbawa Besar, NTB 18 Mei 1972. Gelar Sarjana Ekonomi diperolehnya tahun 1995 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) tempat dimana ia mengajar di program S1, S2 dan S3 sampai sekarang. Postgraduate programme-nya ditamatkan di Strathclyde Business School, University of Strathclyde di United Kingdom (UK).

Pada tahun 1997, ia memperoleh gelar M.Sc in International marketing dari Department of Marketing. Tahun 1998 mengikuti program Master kembali dalam bidang Industrialization, Trade and Economic Policy di Department of Economics dan selanjutnya menyelesaikan program Doktoralnya di Departemen yang sama pada tahun 2001.

Sederet prestasi telah diukirnya sejak kanak-kanak. Berbagai perlombaan dan prestasi dimenangkannya di Sumbawa Besar, tempat ia dibesarkan. Puncaknya, ia terpilih mewakili propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kompetisi pertukaran pelajar antara Indonesia-Australia selama hampir setahun pada tahun 1989.

Bang Zul bersekolah di Darwin High School di Darwin dan di Sadadeen Secondary College di Alice Springs. Pengalaman tinggal bersama keluarga Australia yang melakoni bisnis Outback Freight Business Service memungkinkan dirinya mengenal Australia sangat dalam sampai ke pedalaman dan berinteraksi dengan suku asli aborigin yang mengesankan.

Ketika kuliah di UI berbagai aktivitas dan prestasi juga ditorehkannya. Mahasiswa berprestasi UI di bidang penalaran diperolehnya di tahun 1994 serta menjadi Pemenang pertama lomba menulis Mahasiswa bidang ekonomi tingkat Nasional. Bang Zul juga menjadi pemenang di lomba menulis mahasiswa dalam Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Japan Airlines (JAL) baik di tingkat Universitas Indonesia maupun di Tingkat Nasional.

JAL kemudian mensponsorinya untuk belajar di Sophia University Tokyo, Japan tentang Comparative Asian Industrial System. Bang Zul tak hanya bergulat dengan buku di kampus. Tapi juga berinteraksi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan sebagai aktivis kampus. Periode 1994-1995 Bang Zul dipercaya oleh Mahasiswa UI sebagai Ketua Senat Mahasiswa tingkat Universitas yang kini menjelma menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI). Belajar adalah kebutuhan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas. Demikian salah satu prinsip hidupnya.

Selain degree programme yang ditempuhnya di Glasgow, Bang Zul juga menempuh pendidikan lanjutannya di Kennedy School of Government, Harvard University (US), Institute for New Technology, Maastricht (The Netherlands), Science and Policy Research Unit di University of Manchester (UK) serta di University of Dundee (Scotland). Saat ini, Bang Zul sebagai Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University, USA.

Setelah diamanahkan menjadi anggot DPR RI Periode 2004-2009 lalu, pria murah senyum ini kembali dipercaya berkiprah di DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili daerah pemilihan Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon ( Banten 2 ).

Selain menjabat sebagai sekretaris Fraksi PKS MPR, sejak 2009 Bang Zul diamanahi untuk berkecimpung di Komisi VII yang berkutat dengan persoalan sumber daya energi dan mineral, riset dan teknologi dan lingkungan hidup. Setelah kurang lebih dua tahun di Komisi VII, terhitung sejak Bulan November 2011 Bang Zul diamanatkan fraksi PKS untuk pindah ke komisi XI sebagai Wakil Ketua.

Keterlibatannya di dunia politik tak berarti menyurutkan berprestasinya sebagai akademisi di kampus. Ia memenangkan berbagai Grant Penelitian di tingkat Nasional, menulis di jurnal ilmiah di dalam dan luar negeri serta merepresentasikan Indonesia di penelitian-penelitian Internasional, menulis opini di koran nasional adalah hal biasa yang dilakukannya.

Melihat kiprahnya tersebut, tak mengherankan jika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menobatkannya sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia dalam bidang Ekonomi dan Management tahun 2003.

Pada Pemilu 2014, Zulkieflimansyah kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI. Dan pada periode ini, ia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Litbang.

Meski menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Banten, namun Zulkieflimansyah tak lupa dengan kampung halamannya. Di Sumbawa, NTB, ia melakukan terobosan dengan mendirikan universitas yang berbasis teknologi. Namanya Univeritas Teknologi Sumbawa (UTS).

Zulkieflimansyah sekaligus menjadi rektor pertama dari universitas tersebut. Dalam waktu singkat, UTS telah mampu angkat bicara di tingkat internasional. UTS mengirimkan delapan mahasiswa-mahasiswinya mengikuti kompetisi bioteknologi tingkat dunia di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, Amerika Serikat.

Pada Pilkada NTB 2018, Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Keduanya resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB setelah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, pada 19 September 2018.

Exit mobile version